Rekomendasi Wisata Religi Islami di Semarang

Categories:

Semarang, kota cantik dengan keragaman masyarakatnya yang hidup rukun berdampingan. Ada banyak hal menarik dari kota lumpia ini, termasuk tempat-tempat wisatanya. Tempat wisata religi Islami di Semarang mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi yang menarik untuk liburan.

Rekomendasi Tempat Wisata Islami di Kota Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah

Semarang juga punya Masjid Agung Jawa Tenang yang dikenal dengan arsitektur yang mirip masjid Nabawi. Kompleks bangunan masjid ini memiliki enam payung elektrik seperti yang ada di serambi Mekah. Payung-payung tersebut hanya akan dibuka saat hari raya saja.

Masjid Agung Jawa Tengah termasuk salah satu bangunan terkenal di Indonesia. Masjid megah yang memiliki perpaduan arsitektur Jawa, Roma, dan Arab. Keindahan dan keunikan dari arsitektur masjid ini menarik banyak orang untuk datang.

Tidak hanya untuk beribadah, banyak orang yang mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah ini untuk liburan religi. Pengunjungnya bukan hanya masyarakat Semarang, tetapi dari luar kota atau bahkan luar Jawa Tengah. Banyak yang mengagumi keindahan bangunan kebanggaan masyarakat Semarang ini.

Masjid Nabawi ala Semarang ini juga memiliki 25 pilar yang mirip Coloseum, Roma. Menara asmaul husna setinggi 99 meter juga menjadi spot menarik di area masjid ini. Pengunjung bisa naik ke menara tersebut dan menikmati pemandangan kota Semarang dari ketinggian.

Tidak hanya untuk tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah kini menjadikan bangunan wisata religi yang menarik bagi masyarakat Semarang dan Jawa Tengah. Masjid yang berada di Sambirejo ini memiliki kapasitas yang cukup besar bahkan bisa menampung hingga 150ribu orang.

Bagian luar masjid pun dapat menampung hingga 10ribu jamaah. Untuk Anda yang penasaran, Ranggawisata juga menyajikan berbagai informasi terkait masjid Agung Semarang dan berbagai tempat wisata menarik lain yang ada di sekitar kota lumpia ini.

pxhere.com

Masjid Kapal Nabi Nuh

Kisah Nabi Nuh dan bahtera kapalnya menjadi inspirasi dari desain bangunan masjid yang ada di Jalan Kyai Padak, Podorejo, Ngaliyan, Semarang. Masjid yang berada di kota lumpia ini benar-benar unik dengan arsitektur bangunan yang kekinian.

Sebelumnya, sudah ada resto di Ciwidey yang dikenal dengan bentuk bangunannya yang dibuat seperti perahu Nabi Nuh. Kini masyarakat Semarang dan sekitarnya juga bisa menikmati bangunan dengan desain arsitektur yang tidak jauh berbeda, yakni di masjid Kapal Nabi Nuh ini.

 

Masjid dengan arsitektur unik ini dibangun tahun 2014 dengan bagian paling bawah atau di lantai pertama digunakan sebagai ruang aula. Pengunjung juga bisa menggunakan toilet dan tempat wudhu dengan desain interior unik yang ada di lantai pertama.

Untuk lantai dua Masjid kapal Nabi Nuh ini difungsikan sebagai tempat shalat. Lantai lantai ketiga rencananya akan segera digunakan sebagai ruang perpustakaan. Tidak hanya untuk shalat, pengunjung bisa datang untuk mengobati rasa penasaran akan masjid berbentuk kapal ini.

Pengunjung bisa menggunakan fasilitas yang sudah disediakan. Selain itu,  wisatawan pun diperbolehkan mengabadikan momen dengan berfoto menggunakan latar belakang dari Masjid As Safinatun Najah atau Masjid kapal nabi nuh tersebut.

Dari pusat kota Semarang, Masjid As Safinatun Najah ini dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 45 menit. Lokasi tepatnya berada di Jalan Kyai Padak yang cukup mudah untuk dijangkau.

pxhere.com

Masjid Layur Kampung Melayu

Bangunan masjid ini memiliki menara yang seperti menara mercusuar. Bagian menara dari Masjid Layur ini memang merupakan bekas menara mercusuar yang kini digunakan sebagai tempat ibadah dan tempat wisata religi. Lokasinya tidak begitu jauh dari kawasan wisata kota lama Semarang.

Menara mercusuar pada bangunan masjid ini sekarang digunakan sebagai tempat pengeras suara saat azan berkumandang. Pada awalnya, mercusuar ini digunakan untuk mengawasi lalu lalang dari kapal-kapal dagang yang ada di kali Semarang.

Mercusuar pada bangunan masjid di jalan Layur, Kelurahan Dadapsari, Semarang Utara ini menjadi bangunan bersejarah juga sebagai saksi bisu sejarah perdagangan tertua yang ada di Semarang. Memadukan gaya Jawa, Arab, dan Melayu semakin membuat bangunan masjid ini menarik.

Menara mercusuar yang berdiri kokoh hingga sekarang, tidak hanya sebagai menara masjid tetapi juga menjadi simbol kampung Melayu di Semarang. Ornamen bergaya melayu berpadu cantik dengan ornamen khas Jawa dan Arab.

pxhere.com

Bagian atap masjid tidak menggunakan kubah, tetapi atap bersusun yang menjadi ciri khas Jawa. Di samping masjid, juga berdiri bangunan tua dengan ukuran besar. Hal menarik lain dari masjid ini bisa Anda simak melalui Ranggawisata yang menyajikan banyak tempat wisata menarik di Semarang.

Itulah deretan wisata religi Islami di Semarang yang bisa dikunjungi. Bagi para pecinta wisata dan sejarah, kota Semarang ini bisa menjadi alternatif liburan yang menarik. Bangunan peninggalan Belanda hingga bangunan peribadatan bisa menjadi pilihannya.