Apa Itu Buta Warna? Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan, dan Pencegahan

Categories:

Tanda utama buta warna adalah kesulitan membedakan bayangan atau membuat kesalahan saat mengidentifikasi warna.

Selain itu disebut defisiensi naungan, buta warna adalah saat Anda tidak dapat melihat bayangan seperti kebanyakan orang lain. Anda mungkin mengalami kesulitan untuk memisahkan antara warna tertentu, seperti warna merah dan juga ramah lingkungan atau, apalagi biasanya, warna biru dan kuning. Orang yang buta warna sama sekali tidak dapat melihat bayangan – mereka hanya dapat melihat corak hitam dan putih. Kondisi ini, yang dikenal sebagai achromatopsia, jarang terjadi.

Gejala dan tanda Buta Warna

Tanda dan gejala buta warna dapat berbeda pada setiap orang. Banyak orang memiliki tanda-tanda terang sehingga mereka tidak menyadari bahwa mereka kekurangan warna.

Buta warna memiliki kecenderungan menurun dalam anggota keluarga dan didapat saat lahir. Tidak ada obat untuk buta warna, tetapi kacamata khusus dan lensa rehabilitasi dapat membantu.

Orang dengan buta warna mungkin tidak dapat membedakan antara:

Penyebab dan juga Unsur Bahaya Buta Warna

Salah satu jenis buta warna yang paling umum adalah genetik healthida.com, diturunkan dari orang tua ke anak. Banyak orang terlahir dengan itu, yang menjadikannya masalah keturunan.

  • Nuansa corak, terutama corak merah dan hijau atau corak hijau dan biru
  • Iluminasi warna

Dalam kasus yang jarang terjadi, individu dengan buta warna parah juga dapat mengalami gejala seperti nistagmus (gerakan mata yang cepat dan tidak dapat ditekan) atau tingkat kepekaan terhadap cahaya.

Buta warna disebabkan oleh kurangnya atau sebagian kerucut di retina. Kerucut inilah yang membedakan corak merah, hijau, dan biru.

Dalam beberapa kasus, buta warna dapat terjadi di kemudian hari karena kondisi berikut:

  • Kondisi seperti penyakit mata, penyakit metabolisme, atau kondisi vaskular
  • Kerusakan mata atau pikiran
  • Katarak terkait usia
  • Obat-obatan tertentu

Pria memiliki risiko lebih tinggi mengalami buta warna dibandingkan wanita. Anda juga kemungkinan besar akan mengalami buta warna jika Anda memenuhi salah satu persyaratan yang mematuhi:

Salah satu cara paling umum untuk menentukan apakah Anda menderita buta warna adalah dengan pemeriksaan warna Ishihara: Anda akan diberikan banyak piring atau halaman. Masing-masing akan memiliki lingkaran yang dihasilkan oleh titik-titik yang terdiri dari 2 warna atau lebih. Dokter mata akan menanyakan nomor apa yang Anda lihat. Penderita buta warna merah-hijau pasti akan kesulitan melihat beberapa angka.

  • Memiliki riwayat keluarga buta warna
  • Memiliki penyakit mata seperti kerusakan makula terkait usia atau glaukoma
  • Memiliki masalah kesehatan seperti masalah diabetes, banyak sklerosis, atau kondisi Alzheimer
  • Sedang dalam pengobatan tertentu
  • Berwarna putih

Bagaimana Kebutaan Warna Didiagnosis?

Buta warna merah-hijau dapat didiagnosis dengan pemeriksaan mata yang mudah. Ahli kacamata (optometris) sering memeriksa anak-anak untuk buta warna sebagai bagian dari tes penglihatan rutin.

Temukan lebih lanjut tentang Bagaimana Kebutaan Warna Terdeteksi

Bagi banyak orang, defisiensi penglihatan warna adalah masalah kecil. Beberapa orang berjalan bertahun-tahun bahkan tanpa menyadari bahwa mereka melihat warna dengan cara yang berbeda dari cara kebanyakan orang melihatnya.

Durasi Buta Warna

Apakah Anda terlahir dengan buta warna atau Anda memantapkannya seiring bertambahnya usia, kemungkinan besar Anda akan mengalaminya selama hidup Anda. Tidak ada pengobatan untuk buta warna, namun ada metode untuk mengatasinya. (1) Jika buta warna Anda dipicu oleh cedera mata atau kondisi yang mendasarinya, menangani masalah ini dapat meningkatkan penglihatan warna Anda.

Terapi serta Pilihan Pengobatan untuk Buta Warna

Untuk bentuk buta warna yang didapat, bukan karena kondisi yang mendasari, saat ini tidak ada perawatan medis. Kebanyakan orang dengan buta warna menemukan cara untuk beradaptasi dan mengatasi masalah tersebut.

Berikut adalah beberapa cara untuk berfungsi di sekitar penglihatan teduh yang tidak memadai:

Anak-anak dengan buta warna mungkin kesulitan melihat kapur kuning di papan tulis hijau atau tugas membaca yang dicetak di atas kertas berwarna atau dengan tinta berwarna.

Tunjukkan anak Anda nuansa barang-barang yang khas. Ini dapat memberikan kerangka acuan ketika orang lain meninjau nuansa di hadapan anak Anda.

Kacamata atau panggilan khusus dapat membantu beberapa individu dengan defisiensi merah-hijau melihat perbedaan di antara warna.

Aplikasi perangkat pintar atau tablet yang dirancang untuk orang dengan penglihatan warna yang buruk memungkinkan individu mendeteksi warna objek.

Cobalah mengingat urutan benda berwarna, seperti lampu lalu lintas.

Mintalah seseorang dengan penglihatan warna yang baik untuk mengklasifikasikan dan juga mengatur pakaian Anda atau item lain yang ingin Anda padukan.

Jika anak Anda menderita buta warna, beri tahu pendidik bahwa anak Anda kesulitan melihat kacamata warna tertentu.

Temukan lebih lanjut Tentang Pilihan Perawatan untuk Buta Warna

Tags: